Senin, 19 Desember 2011

mutualisme pemuda dan UKM

BAGI USAHA KECIL/MIKRO DAN PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMUDA DALAM PENGUASAAN TEKNOLOGI INTERNET DI TINGKAT KECAMATAN

BIDANG : EKONOMI

Oleh : Muhamad Azis Firdaus

Handphone : 0813 8414 9386

Email : muhamadazisfirdaus@yahoo.com

Latarbelakang

Penggunaan internet saat ini telah berkembang ke arah optimalisasi jaringan internet untuk kepentingan yang sangat beragam. Kemampuannya menjangkau semua sudut dunia menjadikan internet sebagai sebuah kebutuhan untuk kepentingan yang beraneka yang dapat diakses kapan saja. Informasi-informasi yang tersedia telah memberikan wahana baru untuk meningkatkan pengetahuan manusia, dengan cara yang cepat dan mudah. Akses kepada data-data dunia menjadikan internet sebagai sebuah informasi yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan.

Era 90an masyarakat Indonesia telah lebih leluasa dan luas dalam menikmati fasilitas internet. Hingga saat ini komunikasi antar masyarakat melalui jejaring social telah merambah sampai ke pedesaan, dengan menjangkau usia yang sangat muda. Anak-anak Sekolah Dasar terutama diperkotaan telah mampu mengakses internet dengan mudah. Bahkan pada usia sangat muda telah mampu menciptakan anti virus, seperti artav.

Disisi lain, perkembangan perekonomian yang telah mengarah pada keterbukaan informasi dan perluasan pasar, membutuhkan suatu media yang dapat memberikan informasi yang up to date, dan mampu menjangkau pasar yang luas, namun dengan biaya murah. Dengan menjangkau pasar yang laus diharapkan kegiatan-kegiatan ekonomi terutama dalam skala kecil dapat melakukan aktivitas pemasarannya melalui fasilitas internet ini, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kapasitas usahanya pada skala yang lebih besar. Namun demikian, penguasaan teknologi internet ini baru sebatas pada masyarakat yang memiliki tingkat pendidikan relative lebih tinggi serta berada pada daerah perkotaan. Pada tingkat desa, masih banyak masyarakat yang belum mampu mengoperasikan fasilitas internet secara optimal untuk kepentingan usaha dan peningkatan pengetahuan. Dengan demikian dalam rangka meningkatkan penggunaan internet untuk kepentingan ekonomi atau usaha (khususnya usaha kecil/mikro) diperlukan keterampilan dalam penguasaan teknologi internet secara lebih baik.

Untuk itu diperlukan suatu model optimalisasi penggunaan internet khususnya di tingkat daerah (kecamatan). Hal ini dapat dilakukan manakala telah tersedia PLIK, dengan berbagai fasilitasnya.

Model yang diajukan dalam proposal ini berjudul “ Optimalisasi Plik bagi usaha kecil/mikro Dan Peningkatan keterampilan pemuda dalam penguasaan teknologi internet di tingkat kecamatan”.

Tujuan

Tujuan dari model ini adalah :

a. Memberikan pengetahuan tentang bagaimana melakukan distribusi informasi usaha kecil/mikro, melalui internet keseluruh dunia.

b. Memberikan pelatihan tentang penggunaan computer (terutama desain grafis dan desain web) bagi para pemuda yang masih menganggur.

Manfaat

Manfaat yang diharapkan dari model ini adalah :

a. Masyarakat secara mandiri memiliki kemampuan untuk menyampaikan informasi usahanya keseluruh dunia.

b. Masyarakat khususnya para pemuda yang belum bekerja memiliki kemampuan dalam desain grafis dan desain web.

Asumsi-asumsi

Beberapa asumsi dalam optimalisasi PLIK ini diantaranya adalah :

a. Tersedia fasilitas PLIK

b. Tersedia ruangan yang cukup dengan sarana pembelajarannya

c. Tersedia data pelaku usaha kecil/mikro

d. Tersedia data para pemuda yang mau belajar desain grafis dan desain web.

Model

Kegiatan Usaha kecil/mikro

Para pelaku usaha kecil/mikro di tingkat kecamatan diinventarisasi secara baik dan valid, yang selanjutnya diberikan pengetahuan tentang manfaat dari internet bagi pengembangan usahanya. Diharapkan dengan orientasi seperti ini ada keinginan dari para pelaku usaha kecil/mikro untuk mempromosikan usahanya di internet bahkan pada tingkat tertentu dapat dilakukan transaksi via internet.

Pelatihan desain grafis dan desain web

Penggunaan internet untuk kegiatan usaha kecil/mikro, membutuhkan orang yang memiliki keterampilan dalam desain web dan desain grafis. Spesifikasi bagi pengelola atau desainer web dan desain grafis cenderung diminati oleh kalangan muda. Untuk itu pelatihan diarahkan kepada para pemuda putus sekolah atau yang tidak bekerja.

Mutualisme

Dengan adanya minat dari pelaku usaha kecil/mikro untuk mempromosikan usahanya di internet dapat terrealisasi dengan adanya masyarakat yang memiliki kemampuan desain grafis dan desain web. Dengan demikian diharapkan terjadi mutualisme antara pelaku usaha kecil/mikro dengan masyarakat yang memiliki kemampuan desain grafis dan desain internet.

Dalam bentuk skema sebagai berikut :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar